Categories Focus Opinion

Apakah Genshin Impact Layak Disebut Gim Kikir?

“Siang kikir,” komentar seorang bernama Fazry di salah satu postingan akun Facebook gim Genshin Impact. Komentar tersebut, yang diungkapkan dalam postingan ucapan selamat ulang tahun kepada Charlotte, salah satu karakter dalam gim tersebut, tidak muncul sendirian. Pengguna lain, Zikri Ikhwana Gani, juga menulis komentar dengan nada serupa, yakni “siang kir.”

Apa yang dilakukan Fazry dan Zikri bukanlah sebuah peristiwa yang terpisah. Sejak beberapa bulan yang lalu, Genshin Impact dijuluki sebagai gim kikir. Sejak gim Honkai: Star Rail memberikan karakter bintang lima Dr. Ratio secara cuma-cuma kepada para pemainnya, banyak pemain Genshin iri serta murka dengan hal tersebut.

Komentar gamers, terutama pemain Genshin Impact dalam postingan halaman Facebook resmi Genshin Impact, mengungkapkan nada kekikiran gim tersebut, courtesy of Facebook/Genshin Impact

Mereka beramai-ramai menyerbu akun resmi Genshin Impact, berharap mendapatkan freebies, lebih dikenal dengan bansos, yang sepadan. Terlebih, Genshin, yang telah dirilis empat tahun yang lalu, dianggap tidak memberikan bansos yang sepadan dengan jerih payah pemainnya. Ketika pemain Star Rail mendapatkan karakter bintang lima yang bisa dikatakan OP, pemain Genshin hanya mendapatkan Aloy, karakter yang kini bernasib dilupakan dan tidak relevan dalam gim.

Fenomena di atas, yang berbentuk kekecewaan dan kemarahan para pemain terhadap bansos yang telah mereka terima selama ini, memantik pertanyaan, apakah layak Genshin Impact mendapat julukan sebagai gim kikir?

Riwayat Bansos Genshin Impact

Pada tahun pertama perilisannya, Genshin Impact rutin memberikan bansos kepada para pemainnya, dalam bentuk mora (mata uang dalam gim) dan benda-benda lainnya. Selain itu, Genshin rutin memberikan redeem code setiap pergantian versi, yang diumumkan setiap Jumat malam.

Namun, jejak pertama bansos Genshin Impact dimulai pada anniversary reward pertama pada 2021. Melansir pemberitaan Medcom, miHoYo, developer Genshin Impact, memberikan iPhone 13 Pro Max kepada 10 pemenang utama lomba karya desain kartu ucapan ulang tahun bertema Genshin Impact. Namun, pemenang lain hanya mendapatkan 100 primogem saja, tidak cukup untuk melakukan sekali wish atau gacha. Bahkan, peserta yang tidak terpilih hanya mendapatkan 100.000 mora, yang sebenarnya bisa diperoleh dengan bermain selama lima jam.

Salah satu wujud protes pemain Genshin Impact terhadap bansos anniversary pertama, courtesy of Know Your Meme

Merespon kekecewaan pemain yang teramat sangat, miHoYo akhirnya merubah bansos yang diberikan kepada pemain. Mereka memberikan 400 primogem dan Wings of Shimmering Galaxy, sebuah wing glider, kepada pemain. Namun, melansir Gamerant, banyak pemain Genshin Impact masih kecewa dengan bansos yang diberikan miHoYo.

Berikutnya, pada peringatan anniversary kedua, HoYoverse, nama baru miHoYo, menghadiahkan 10 Intertwined Fates, 1.600 primogen, empat Fragile Resin, mora, dan material untuk melakukan enhancement. Meski telah mengalami peningkatan, melansir pemberitaan Yahoo! News Singapore, banyak pemain Genshin Impact masih merasakan kekecewaan dengan bansos yang ada. Terlebih, banyak dari mereka membandingkan bansos Genshin Impact dengan gim lainnya, yang memberikan lebih banyak freebies kepada pemainnya.

Bagaimana dengan bansos anniversary pada tahun ketiga? Melansir pemberitaan Android Police, bansos yang diberikan HoYoverse masih dianggap tidak terlalu menggairahkan (underwhelming). Meski begitu, dibandingkan bansos pada anniversary pertama, tidak ada yang pemain Genshin Impact yang mengangkat garpu rumput, memprotes keputusan HoYoverse.

Bansos menyambut anniversary ketiga Genshin Impact, courtesy of Gamebrott

Ketika pemain Genshin Impact harus menghela napas melihat bansos yang mereka dapatkan selama ini, gim gacha lainnya justru tampil menjadi gim baik, istilah bagi gim yang rajin memberikan bansos. Pada akhir Januari 2024, misalkan, gim Fate/Grand Order membagikan satu servant bintang lima dan 60 SQ secara gratis, untuk memperingati 20 tahun Fate/stay night. Gim gacha lainnya, Blue Archive, juga tampil sebagai gim baik, memberikan bansos setiap hari Minggu kepada seluruh pemainnya, ketika anime Blue Archive the Animation ditayangkan di Jepang.

Pemain Genshin Impact harus bersyukur dan tabah terhadap semua bansos yang telah didapat, ketika melihat keuntungan yang diraih Genshin Impact sejak 2020. Melansir pemberitaan Sensor Tower, gim ini telah mendpaatkan keuntungan di atas US$1 miliar kurang dari enam bulan perilisannya. Bahkan, keuntuntunga tersebut hanya didapatkan melalui versi mobile.

Perolehan pendapatan Genshin Impact mencapai langit tertinggi, ketika pada awal 2024, gim ini berhasil memecahkan rekor dengan total pendapatan sebesar US$5 miliar hanya dalam platform mobile. Melansir Gamerant, Genshin menjadi gim mobile dengan pertumbuhan paling cepat sepanjang masa.

Layak Disebut Gim Kikir

Melihat keuntungan yang telah diraih Genshin Impact, serta riwayat beberapa bansos yang pernah diberikan kepada para pemainnya, apakah Genshin dapat disebut sebagai gim kikir? Jika bansos diartikan sebagai cara HoYoverse mengucapkan terima kasih kepada penggemar setianya, ia masih belum mencukupi. Sebagai gim yang berhasil meraih record sales, HoYoverse seharusnya dapat memberikan lebih dari ini.

Dengan membandingkan perjalanan Genshin Impact selama ini, dan mungkin ditambah dengan bansos gim lain, dapat dikatakan bahwa bansos yang diberikan Genshin Impact kepada para pemainnya masih tidak menggugah (underwhelming). Tidak heran, julukan sebagai gim kikir akhirnya melekat dengan Genshin Impact, merespon kekecewaan pemain gim tersebut yang masih belum mendapatkan bansos yang setimpal dengan kesetiaan mereka selama ini.

Written By

Lich King (Editor) at Monster Journal.
Mostly writing about Social and Culture.
Also managing a site and community related to history.
Used to work as a Journalist. Now working as a history teacher.

(prima.cahyadi.p@mail.ugm.ac.id)

More From Author

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ricardo
Ricardo
1 month ago

Memang iya game pelit. Sudah 3 tahun lebih tapi gak ada reward baik untuk long-time playernya. Kayak reward anniversary kemarin berupa 3 intertwined fates yang dipecah di beberapa hari. Mana reward 3 fates itu sama dengan anniversary-anniversary sebelumnya, tidak ada peningkatan. kalau gak login gak dapat reward.
Dibanding gacha lain juga, Genshin sangat jarang memberikan Login bonus, hanya di patch tertentu seperti anniversary atau CNY.
Dibandingkan dengan HSR, rewardnya langsung didapat day one, daily login ada, Free B5, dan Masih banyak kebaikan HSR yang belum disebutkan yang membuat player Genshin iri.
Sebagian dari playernya termasuk yang tidak suka lalu menyampaikan keluh kesahnya di forum forum internet akan berhadapan sama “White Knight” yang membela reward ini:

  • “Bersyukur dapat item gratis daripada tidak dapat sama sekali”
  • “item lainnya seperti pet ini lucu banget, lebih worth dari gacha”
  • “Genshin menawarkan lebih dari sekedar game gacha, seperti game console seperti Visual indah, musik bagus, kendali dan kontrol akan karakter bebas, harusnya lebih bersyukur bisa mainin ini daripada mainin game gacha lain.”

Dan masih banyak lagi alasan white knight yang membuat kami tidak nyaman berurusan sama mereka sehingga tidak mampu lagi untuk komentar hal negatif terhadap genshin atau hyv.
Hanya bisa menyerah atau berhenti main, walau sebagian dari kami ada yang tidak bisa berhenti main karena banyak alasan personal.
Secara keseluruhan sudah kecewa, long-time player yang sudah loyal bermain tapi gak diberi reward baik. Menunggu ada rival Genshin agar adanya persaingan yang berpotensi menjadi hal baik bagi masing-masing playernya.

You May Also Like