Home » Rickroll, Sejarah dan Pengaruhnya dalam Kultur Meme Dunia

Rickroll, Sejarah dan Pengaruhnya dalam Kultur Meme Dunia

Pada 1 September 2023 lalu, penyanyi Inggris Rick Astley merilis video klip Never Gonna Stop. Lagu tersebut, yang mengisahkan pertarungan manusia menghadapi ancaman perkembangan teknologi, disambut antusias penggemar dan media. Mengutip Cashbox Magazine Canada, lagu tersebut membuat Rick “menjadi pembicaraan dunia.”

Kolom komentar video klip tersebut di YouTube menunjukan respon beragam. Mengutip @HeisenbergFarm, lagu Never Gonna Stop menunjukan bahwa Rick masih menjadi “tokoh meme legendaris yang menyanyi bagaikan seorang ahli.”

Sebagai tokoh meme legendaris, nama Rick Astley tidak dapat dipisahkan dengan lagu Never Gonna Give You Up, yang menjadi cikal bakal meme Rickroll. Ini terlihat melalui komentar @Sowball dan @WallesStolenMemes yang mengutip judul lagu tersebut dalam video klip Never Gonna Stop.

Rick Astley dalam video klip terbarunya, Never Gonna Stop (2023), courtesy of ITVX

Bagaimana awal mula lagu Never Gonna Give You Up, yang semula menjadi lagu 80-an biasa, bertransformasi menjadi lagu legendaris dalam kultur meme di dunia hingga saat ini?

Lagu Never Gonna Give You Up bermula dengan kisah pertemuan Rick Astley dengan Matt Aitken, Mike Stoke, dan Pete Waterman. Awal mulanya, Rick, yang ditempatkan dalam program pelatihan pemerintahan Youth Opportunities Programme, hanya membuat teh bagi Bananarama, Mel and Kim, dan Dead or Alive ketika mereka melakukan rekaman.

Mengutip Pete Waterman melalui The Guardian, suara Rick Astley terlalu kuat sehingga menemukan lagu yang cocok untuknya sangatlah sulit. Dalam beberapa kasus, menurut Pete, Rick terlalu bagus dalam hal menyanyi.

Pada suatu pagi, Pete sedang berbincang dengan Gaynor, kekasihnya. Rick, yang mengira bahwa Pete bertengkar dengan Gaynor, berucap kepada Pete bahwa “kau tak akan pernah menyerah untuk memperjuangkannya (you’re never going to give her up).” Kalimat tersebut terngiang-ngiang dalam benak Pete. Pete, bersama Matt dan Mike, kemudian membuat sebuah lagu khusus yang akan dinyanyikan Rick.

Pete Waterman (kiri) dan Rick Astley (kanan) dalam sebuah wawancara pada 2019, courtesy of The Times

Lagu Never Gonna Give You Up dirilis pada 1987, dan merajai tangga lagu di setiap negara, termasuk Amerika Serikat. Karena Rick masih terlihat sangat muda, banyak orang tidak menyangka bahwa ia yang menyanyikan lagu tersebut. Bahkan, kenang Pete melalui The Guardian, Radio 1 menghubungi Rick Astley dan membuatnya bernyanyi di kamar mandi untuk membuktikan bahwa itu adalah suaranya.

Rick Astley tidak menyangka lagu yang ia nyanyikan pada 1987 akan menjadi legendary meme saat ini. Berawal ketika ia berlibur di Italia pada 2007, Rick menerima surel dari temannya. Dalam surel tersebut, tersemat sebuah tautan YouTube. Ketika Rick membuka link tersebut, sebuah video YouTube yang menampilkan lagu Never Gonna Give You Up muncul.

Rick kebingungan dengan ulah temannya. Sebagai respon, temannya kembali mengirimkan tautan lain. Ketika Rick membuka tautan tersebut, ia disambut dengan video lagu Never Gonna Give You Up. Bingung atas apa yang terjadi, temannya menjelaskan bahwa Rick telah terkena rickroll.

Rick Astley dalam video klip Never Gonna Give You Up (1987), courtesy of Yahoo

Mengutip My Modern Met, kemunculan Rickroll bermula dari kultur Duckroll, meme populer yang menyebar melalui 4chan. Pada suatu hari, seorang tentara muda bernama Sean Cotter menelusuri daftar lagu populer pada tahun kelahirannya, 1987. Ia menemukan lagu Rick Astley Never Gonna Give You Up dalam salah satu daftar tersebut.

Setelah menyaksikan video musik lagu tersebut, Cotter ingin mengemas lagu tersebut menjadi meme. Ia mengemas lagu tersebut sebagai bait-and-switch dengan judul dan deskripsi palsu, dan menyebarkannya melalui internet. Dalam waktu singkat, lagu Never Gonna Give You Up kembali populer, sekali lagi mendongkrak popularitas Rick Astley.

Tak seperti meme lain yang mati setelah beberapa bulan, Rickroll mencapai tingkat meme abadi. Hingga hari ini, banyak orang menyebarkan meme ini kepada orang lain, dan tak sedikit orang yang terjebak meme ini. Bahkan, gim Spider-Man 2 yang dirilis beberapa waktu yang lalu menampilkan Rickroll dalam salah satu misi, membuat gamers kesal karena telah menjadi korban.

Rickroll yang dilakukan HoYoverse dalam gim video Honkai: Star Rail, mengambil reff lagu Never Gonna Give You Up, courtesy of HoYoLAB

Tidak hanya Spider-Man 2, Honkai: Star Rail tidak ingin ketinggalan untuk menyebarkan meme Rickroll. Melalui salah satu lore book yang terdapat dalam gim video ini, gamers dibuat tertawa dan kesal karena menjadi korban keisengan HoYoverse. Dengan menampilkan pesan “The Aeon will never give you up, never let you down, or abandon you. They will never make you cry, say goodbye, or tell a lie and hurt you” dalam salah satu item, HoYoverse mengajak gamers untuk sekali lagi mengenang lagu klasik Rick Astley tersebut.

Dapat dikatakan, lagu Never Gonna Give You Up, yang sekarang lebih dikenal sebagai Rickroll, berpengaruh besar terhadap kultur meme masyarakat dunia. Berawal dari sebuah lagu populer pada 1987, popularitasnya dalam dunia meme membuat lagu ini kembali naik daun dan abadi dalam mentalitas masyarakat. Lagu ini menjadi salah satu penanda penting dalam peradaban internet dan kultur meme dunia hari ini dan pada masa mendatang.

Sebagai sebuah meme yang masih abadi hingga hari ini, Rickroll meninggalkan jejak berharga dalam kultur meme dunia. Meme ini mendorong warganet untuk menggunakan bait-and-switch sebagai cara untuk menyampaikan humor. Di Moldova dan Indonesia, Rickroll mengambil wujud baru dalam bentuk Saxroll dan Indihome Paket Phoenix, meme yang menunjukan jejak yang langgeng Rickroll dalam kultur meme di dunia.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Rejuvenated
Rejuvenated
4 months ago

Tidak akan pernah kulepaskan dirimu
Tidak akan pernah kukecewakan dirimu
Tidak akan pernah kugantung dan kucampakkan dirimu
Tidak akan pernah kubuat kau bersedih
Tidak akan pernah kutinggalkan dirimu
Tidak akan pernah kuberbohong dan kusakiti dirimu

UP!
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Pinterest
Pinterest
fb-share-icon
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x