Categories CineMonster Feature

Explorasi Sinema Horor Dalam Karya-Karya Joko Anwar

Nama Joko Anwar sudah tidak asing lagi dalam dunia perfilman tanah air, ia pernah menjadi seorang sutradara, penulis skenario, produser hingga pemeran film. Nama Joko Anwar kini semakin dikenal banyak orang dikarenakan karya-karya film horor arahannya yang mendebarkan dan menghadirkan ketegangan yang luar biasa. Beberapa karya filmnya mampu membangkitkan ketertarikan penonton dalam genre horor.

Pengabdi Setan adalah sebuah titik penting bagi Joko Anwar dalam merubah pandangan masyarakat terhadap film horor yang sebelumnya seringkali menunjukkan adegan erotis dan keseksian semata. Hal ini secara tidak langsung mengangkat standar dalam pembuatan film genre horor di Indonesia. 

Pengabdi Setan (2017). Courtesy of IMDb

Film horror adalah genre film yang selalu menemukan tempat di Indonesia, bisa dikatakan sebagai genre yang tidak pernah kehilangan trendnya. Apalagi anggapan bahwa masa paceklik film dapat terselamatkan dengan genre horor. Namun, siapa sangka jika genre film horor nyatanya memiliki tantangan dan elemen-elemen unik di dalamnya.

Mulai dari pembentukan atmosfer, penulisan cerita, efek khusus, pengembangan karakter, estetika hingga psikologi penonton. Kesuksesan sebuah film horor seringkali tergantung pada kemampuan sutradara, penulis, dan tim produksi dalam menghadapi tantangan tersebut. 

Mengutip apa yang Joko Anwar katakan, “meskipun genre horror mudah diakses tapi diharuskan memiliki craftsmanship yang sangat tinggi.”

Joko Anwar bersama Liputan6. Courtesy of Liputan6’s YouTube Account

Keputusan Joko Anwar dalam membuat remake Pengabdi Setan (1980) memberikan warna baru dalam industri film horor Indonesia. Bukan hanya sekedar karakter dan cerita menarik, tetapi mengangkat standar tinggi dalam pembuatan film horor Indonesia. 

Dalam review yang pernah kami tulis, film Pengabdi Setan mampu menciptakan suasana seram menjadi mimpi buruk yang nyata. Hal ini menunjukan bahwa Joko Anwar memiliki rumus matematika tersendiri dalam menciptakan kecepatan dan intensitas yang menakutkan untuk Pengabdi Setan. 

Dalam wawancaranya, Joko Anwar berniat untuk membuat Pengabdi Setan Universe. Bahkan memberikan spoiler mengenai entri dari Pengabdi Setan ketiga dimana semua ceritanya akan semakin jelas.

“Nanti di next entri, di entri ketiga dari pengabdi setan, jagat penceritaan ini semuanya akan clear. What is this about? Ini pengabdi setan tentang apa?” ucap Joko Anwar terkait rencana produksi film tersebut.

Joko Anwar’s Interview with Liputan6. Courtesy of Liputan6’s YouTube Account

Bukan Pengabdi Setan saja, tetapi ada beberapa judul film horor dimana Joko Anwar terlibat di dalamnya seperti Pengabdi Setan 2: Communion, Perempuan Tanah Jahanam, Pintu Terlarang, Ratu Ilmu Hitam, Kala, Impetigore.

Joko Anwar telah berhasil memperkuat posisinya dalam industri film Indonesia dengan karya-karyanya dalam membangkitkan kembali tren dan menaikkan nilai standar perfilman horor. Ia dikenal dengan kemampuannya untuk menghadirkan cerita-cerita horor yang mendalam, misterius, dan penuh ketegangan. 

Sehingga berhasil menjadikannya sebagai salah satu sutradara terkemuka dalam genre tersebut di Indonesia. Mengutip Joko Anwar dalam Liputan6, “horror adalah genre film yang paling jujur dan murni memberikan kenikmatan, keseruan dan keasikan dalam bioskop.”

Sumber: jawapos, kalimtoday, republika, liputan6

Written By

Maulida Ika Cristiana

A Dullahan (Senior Writer) at Monster Journal.
She has developed experiences as a writer both in content writing and journalism through various projects.
Ana enjoys film with women issues, as well as horror. A Bachelor in Economic Education.
(maulidaana69@gmail.com)

More From Author

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You May Also Like