Categories Feature Sartorial

Pretty Woman, Oversize dan Fashion yang Masih Relevan Hingga Kini

Pretty Woman adalah film yang berhasil menyuguhkan cerita romansa yang dibalut dengan berbagai penampilan fashion yang mengesankan. Salah satunya adalah gaya oversize yang menjadi tren sejak beberapa waktu lalu. Oversize adalah gaya berpakaian dengan menggunakan pakaian yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuh. 

Gaya ini biasanya agar seseorang terlihat lebih santai dan kerap dipadukan dengan celana olahraga, jeans, rok hingga legging. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang menjadi tren di tahun 90-an, kini banyak dipakai oleh kaum muda dan menjadi sangat fashionable

Dalam film ini, kita akan beberapa kali mendapati gaya berpakaian oversize mendapatkan banyak perhatian. Misalnya dalam satu adegan dimana Edward (Richard Gere) dan Vivian (Julia Roberts) berjalan menuju salah satu butik. Vivian berhasil menjadi sorotan karena gaya pakaiannya yang aneh dan mencolok. 

Vivian dalam film Pretty Woman kerap menunjukkan gaya pakaian modis dan fashionable. Setiap pakaian yang dikenakannya selalu berbeda dan memiliki ciri khas yang membuatnya stylish. Seperti adegan dimana Edward memberikan kejutan pada Vivian yang masih berada di rumahnya. 

Vivian menggunakan kemeja oversize dan kaos putih sebagai dalamannya dipadukan dengan jeans. Gaya yang tidak asing karena kerap digunakan wanita agar terlihat seperti independent woman atau business woman

Vivian (Julia Roberts) menggunakan kemeja oversize. Courtesy of IMDb

Gaya oversize ini muncul pada tahun 1920-an lalu di mana kaum wanita mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam pemilu Amerika dan Kanada. Keputusan ini tentunya tidak serta merta membuat wanita disambut dengan gembira. Justru banyak pihak yang merasa kontra dengan kehadiran wanita yang dianggap hanya fokus pada make up, berdandan dan pakaian saja.

Demi mematahkan stigma buruk yang dimiliki oleh masyarakat sekitar, maka para wanita memutuskan untuk menggunakan pakaian layaknya seorang pria. Salah satunya yang digunakan yaitu oversize atau baju longgar. Pada tahun 1990-an pakaian ini juga kembali booming dan seiring berjalannya waktu tergantikan dengan gaya tren fashion lainnya.

Beberapa publik figure berhasil membawa gaya oversize kembali naik ke permukaan seperti DJ Jazzy Jeff & The Fresh Prince sempat mempopulerkan gaya oversize di sampul And In This Corner LP pada tahun 1989 lalu.  Kris Kross, dua rapper asal Atlanta yang paling sering memamerkan gaya hip hop oversize. Hampir semua music videonya menyajikan duo rapper cilik itu menggunakan oversize seperti Alright, Jump, Da Bomb dan lainnya. 

Dapat dikatakan gaya oversize berhenti eksis di tahun 2010-an lalu. Berganti dengan gaya skinny dan slim serta cukup mendominasi. Pada akhirnya, gaya oversize kembali populer pasca 2020. Hal ini dipengaruhi juga oleh trend fashion dari Korea Selatan yang menyebar melalui Hallyu Wave atau Korean Wave mereka. 

Tren oversize sendiri kembali diperhatikan sejak boomingnya drama Korea berjudul Itaewon class. Park Se Ro Yi (Park Seo Joon) adalah karakter yang sering kali menggunakan pakaian oversize dalam drama tersebut. Pakaian yang terlihat sederhana dan casual ini menjadikan oversize semakin diminati oleh kaum millenials. 

Gaya jacket oversize di film Pretty Woman. Courtesy of IMDb

Gaya oversize juga menunjukkan tanda perubahan dalam diri Vivian di film Pretty Woman. Dalam adegan berbelanja, Vivian telah menunjukkan perubahan besar dalam hidupnya. Seorang wanita yang dulunya hanyalah pekerja seks dengan baju ketat dan mencolok, berakhir menjadi kekasih seorang Milyuner, Edward Lewis. 

Pakaian besar yang dikenakan oleh Vivian menunjukkan bahwa ia telah masuk ke dunia kelas atas. Pakaian besar terlihat lebih elegan, standar fashion mode tinggi dan yang pasti sangat kontras dengan pakaian Vivian saat masih menjadi pekerja seks. 

Secara keseluruhan, gaya oversize dalam Pretty Woman mampu menjadi sebuah trigger dalam mempopulerkan oversize. Melalui oversize film Pretty Woman masih melekatkan peninggalannya dalam sebuah fashion yang mampu melambangkan suatu era dimana kini kembali menjadi perhatian banyak orang terutama dalam beberapa tahun terakhir. 

Sumber: beautynesia, sofeminine, bikinkaosjogja, indonesiana

Maulida Ika Cristiana

IG: maulidaic
Email: maulidaana69@gmail.com

Written By

Maulida Ika Cristiana

A Dullahan (Senior Writer) at Monster Journal.
She has developed experiences as a writer both in content writing and journalism through various projects.
Ana enjoys film with women issues, as well as horror. A Bachelor in Economic Education.
(maulidaana69@gmail.com)

More From Author

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You May Also Like