Categories FaveFinds Feature

Dalami Wawasan Tentang Video Game dengan 10 Buku Ini

Perkembangan video game sudah jauh sejak pertama kali diluncurkan, dan kini menjadi salah satu bentuk hiburan paling populer di seluruh dunia. Namun, video game lebih dari sekadar cara untuk menghabiskan waktu luang, mereka juga merupakan bentuk seni yang memungkinkan pemain untuk tenggelam dalam dunia yang kompleks, berinteraksi dengan karakter yang kompleks, dan mengeksplorasi ide-ide baru. 

Jika kamu ingin mendalami dunia video game lebih dari hanya bermain, ada banyak buku yang menawarkan perspektif dan wawasan unik tentang medium tersebut. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi 10 buku tentang video game, mulai dari memoar perancang game hingga eksplorasi budaya tentang gaming, yang pasti akan memperluas pemahaman dan apresiasimu terhadap seni video game.

1. Masters of Doom 

“Masters of Doom” oleh David Kushner menceritakan kisah dua video game developer muda, John Carmack dan John Romero, yang menciptakan beberapa game paling berpengaruh dan ikonik di tahun 1990-an, termasuk “Doom” dan “Quake”. Buku ini berisi kisah mendalam tentang kehidupan pribadi maupun profesional mereka, mulai dari awal mula mereka mengutak-atik komputer di masa remaja, hingga pembuatan id Software, perusahaan pengembang game yang merevolusi industri. Buku ini juga menjelajahi budaya bermain video game dan dampak “Doom” dan “Quake” terhadap industri dan dunia teknologi secara keseluruhan. 

2. Plowing the Dark

“Plowing the Dark” adalah sebuah novel karya Richard Powers yang membawa kamu ke dalam petualangan penuh dengan pertanyaan-pertanyaan tentang teknologi dan kemanusiaan. Meski tidak memiliki hubungan dengan video game seperti judul-judul lain pada list ini, buku ini tetap akan membuatmu terpukau dengan alur ceritanya yang memikat.

Dalam buku ini, kamu akan menemukan dua cerita yang berjalan paralel: sekelompok peneliti yang sedang mengembangkan teknologi virtual reality dan seorang sandera berkebangsaan Amerika Serikat di Beirut. Dengan menggabungkan cerita-cerita ini, “Plowing the Dark” mengambil tema tentang bagaimana teknologi memengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

3. Replay: The History of Video Games

“Replay: The History of Video Games” adalah sebuah kisah komprehensif tentang evolusi video game, dari awal mulanya pada tahun 1950-an hingga saat ini. Ditulis oleh Tristan Donovan, buku ini membahas cerita di balik penciptaan game-game ikonik seperti Pong, Space Invaders, dan Pac-Man, serta kebangkitan budaya gaming dan pengaruh video game terhadap masyarakat. Melalui wawancara dengan pemain kunci di industri gaming dan penelitian terperinci, Donovan menyajikan sejarah video game yang menarik dan menyenangkan, mengeksplorasi dampak mereka pada teknologi, hiburan, dan bahkan seni. 

4. Virtual Cities

“Virtual Cities” karya Konstantinos Dimopoulos mengeksplorasi interaksi antara video game, arsitektur, dan desain urban. Buku ini menguji bagaimana video game menggambarkan dan mensimulasikan kota, dan berargumen bahwa kota dalam video game dapat memberikan cara baru untuk memahami dan membayangkan lingkungan perkotaan. Dimopoulos mengambil contoh dari berbagai video game, termasuk klasik seperti “SimCity” dan “Grand Theft Auto,” serta judul-judul baru seperti “Watch Dogs” dan “Cyberpunk 2077.” 

Buku ini memiliki pandangan yang menarik tentang bagaimana video game dapat membentuk pemahaman kita tentang lingkungan binaan, dan dapat menarik minat bagi pembaca yang tertarik pada video game, arsitektur, atau desain urban. 

5. Okami Official Complete Works

“Okami Official Complete Works” adalah sebuah artbook yang memamerkan seni dan desain dari video game “Okami.” Buku ini mencakup konsep seni, sketsa, ilustrasi karakter, lingkungan, hingga creature dalam video game-nya, disertakan dengan komentar terhadap video game development. “Okami” dikenal karena gaya visualnya yang unik, yang terinspirasi oleh seni tradisional Jepang yang identik dengan cat tangan. 

“Okami Official Complete Works” memberikan gambaran mendalam tentang pengembangan gaya seni dalam permainan, dan juga memberikan wawasan tentang cerita, karakter, dan mekanik permainan. Buku ini wajib dibaca bagi penggemar “Okami” dan bagi siapa saja yang tertarik pada seni dan desain video game. 

6. The Immersive Enclosure

Buku karya Paul Roquet ini mengeksplorasi sejarah dan dampak budaya dari video game di Jepang. Roquet meneliti bagaimana video game telah menjadi bagian penting dari budaya Jepang dan mempengaruhi tak hanya hiburan tetapi juga industri seni, desain, dan teknologi negara tersebut. Buku ini melihat berbagai cara video game telah dihasilkan dan dinikmati di Jepang, termasuk permainan arcade, konsol game, dan permainan seluler, dan mempertimbangkan bagaimana bentuk-bentuk bermain ini telah membentuk masyarakat Jepang. 

Roquet juga mengeksplorasi estetika unik dan elemen desain video game Jepang, seperti penggunaan seni piksel dan desain karakter bergaya anime. Buku ini cocok bagi orang-orang yang tertarik pada budaya Jepang, sejarah video game, dan hubungan antara teknologi dan masyarakat.

7. Blood, Sweat, and Pixels

Di dalam buku “Blood, Sweat, and Pixels”, Jason Schreier adalah menceritakan kisah di balik pembuatan beberapa video game paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Schreier mengambil wawancara dengan game developers untuk memberikan pandangan mendalam tentang tantangan dan keberhasilan dalam pengembangan game. Buku ini mencakup berbagai game dari berbagai genre dan platform, termasuk “Destiny,” “Stardew Valley,” dan “The Witcher 3.” 

Schreier mengeksplorasi proses yang sering melelahkan di balik game-game ini, termasuk waktu kerja yang padat dan tekanan yang intens yang dihadapi oleh para pengembang. Dia juga mengeksplorasi keputusan kreatif dan pemecahan masalah yang dilakukan untuk membawa game-game ini menjadi nyata. “Blood, Sweat, and Pixels” memberikan pandangan menarik di balik layar tentang proses dan dedikasi yang dibutuhkan untuk membuat game-game yang kita sukai untuk dimainkan. 

8. The Game Console 2.0

“The Game Console 2.0” adalah sebuah buku yang mengungkap sejarah dan evolusi konsol video game dari sistem game rumahan pertama hingga generasi terbaru konsol. Penulisnya, Evan Amos, seorang fotografer dan sejarawan video game hardware mengumpulkan koleksi foto dan informasi tentang konsol paling ikonik dan berpengaruh dalam sejarah game. 

Buku ini mencakup berbagai konsol, termasuk sistem klasik seperti Atari 2600 dan Nintendo Entertainment System, serta sistem baru seperti PlayStation 4 dan Xbox One. Buku ini mengulas spesifikasi teknis, pilihan desain, dan dampak budaya dari setiap konsol, memberikan pemahaman mendalam tentang sejarah perangkat keras video game. 

9. The History of the Future

Buku karya Blake J. Harris ini merupakan buku yang bercerita tentang sejarah lahirnya Oculus VR dan perkembangan teknologi virtual reality sebagai teknologi konsumen. Buku ini membahas tantangan dalam menciptakan pengalaman virtual reality, sisi bisnis di industri teknologi, serta orang-orang dan peristiwa yang membentuk perkembangan teknologi virtual reality. Harris menjelajahi implikasi budaya yang lebih luas dari virtual reality dan bagaimana teknologi ini mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi dan satu sama lain. 

10. Power Up: How Japanese Video Games Gave the World an Extra Life

Buku ini menelusuri dampak video game Jepang pada industri global. Kohler melacak sejarah video game Jepang, mulai dari akarnya dalam permainan arcade hingga pengembangan franchise ikonik seperti Super Mario Bros. dan Final Fantasy. Dia mengeksplorasi faktor budaya dan teknologi yang membuat game Jepang begitu berpengaruh dan bagaimana mereka membantu membentuk industri permainan seperti yang kita kenal saat ini. Buku ini memberikan gambaran komprehensif tentang sejarah game Jepang dan dampaknya pada dunia. 

Dari menjelajahi di balik layar pengembangan game hingga melihat dampak budaya video game terhadap perkembangan teknologi, buku-buku ini mencakup berbagai topik dan perspektif. Ambil salah satu judul ini dan perluas wawasan gaming kalian!

Sources: Forbes, Kotaku

Muhammad Mahardika Putra Zaeni

IG: @mahardikazaeni

Email: zaenimahardika@gmail.com

Written By

The Monster Army (Junior Writer Interns) at Monster Journal.
The force behind the steady growth of Monster Journal and currently undergo a training and mentoring under the Editors of Monster Journal.
Most of the writers are students in high-school, university, and even fresh graduates.

More From Author

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You May Also Like