Categories Essay Focus

Drama Mafumafu dan Mengapa VTuber Harus Tetap Single

Nama Mafumafu kembali menarik perhatian warganet. Pada akhir Januari 2024 lalu, sebuah informasi yang langsung ditulis konten kreator asal Jepang tersebut viral di platform X. Mengutip pemberitaan Media Formasi, dinyatakan bahwa Mafumafu telah menikah dengan Uruha Rushia, dan sedang menjalani proses gugatan cerai dengannya.

Menurut informasi yang dibagikan langsung oleh Mafumafu di blog pribadinya, ia mengatakan bahwa dirinya sempat menikah dengan seorang wanita, yang ia sebut sebagai Ako-san, pada Desember 2021 lalu. Pernikahan tersebut berlangsung tidak harmonis, membuat hidup Mafumafu dihantui Ako-san. Tak setahun menikah, Mafumafu memutuskan untuk bercerai.

Mafumafu, penyanyi asal Jepang yang mengungkapkan keluh kesahnya menjalin pernikahan dengan seorang VTuber, yang diduga adalah Uruha Rushia, courtesy of YouTube Music

Banyak warganet menduga sosok Ako-san merupakan Uruha Rushia, mantan VTuber yang pernah bernaung dalam agensi Hololive. Menurut kabar yang dibagikan akun bernama Anshori Suhendro di media sosial Facebook, banyak fans Rushia yang cerai massal merespon isu Mafumafu. Mereka ramai-ramai menjual merchandise resmi Uruha Rushia, yakni sebuah engagement ring, di situs jual beli di Jepang.

Melansir sebuah postingan di media sosial X, engagement ring tersebut disebut sebagai “special grade cursed object”, atau “benda terkutuk kualitas spesial”, menggambarkan sikap patah hati fans Uruha Rushia atas isu yang menimpanya. Mengutip pernyataan akun bernama Pohon Karet di Facebook, mereka mengalami “sakit hati” yang teramat sangat.

Uruha Rushia, mantan VTuber Hololive yang diisukan tersangkut drama Mafumafu. Akibat drama tersebut, engagement ring yang menjadi merchandise khusus Uruha dijual bebas oleh fans yang hatinya tersakiti, courtesy of Anime Corner

Apa yang menimpa fans Uruha Rushia menjadi penanda penting, bahwa seorang VTuber, diharapkan untuk menjaga hubungan relasi mereka. Mereka diharapkan untuk tetap single selama karir mereka di industri hiburan Jepang. Mengapa mereka harus melakukan hal tersebut?

Menjadi seorang VTuber
Keberadaan VTuber di Jepang telah menjadi industri yang digemari. Banyak kalangan menari, menyanyi, dan beriteraksi dengan para fans melalui imaji virtual dua dimensi yang diciptakannya. Tak seperti idol, mereka dapat menyembunyikan identitas mereka, menjadi sosok yang anonim.

Kantor COVER Corp., yang menaungi Hololive. Calon VTuber dapat bergabung dalam agensi jika ingin mengembangkan karir sebagai Virtual YouTuber, courtesy of hololive TODAY

Siapa pun dapat menjadi seorang VTuber. Mengutip Jenny Zheng dalam situs Wired, hanya dibutuhkan sebuah avatar untuk menjadi seorang VTuber. Untuk mendapatkan sebuah Avatar, seseorang dapat memesan dari penyedia jasa, maupun membuatnya gratis menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Live 2D atau Vtube Studio.

Jalur menuju karir sebagai VTuber juga beragam. Seseorang dapat bergabung dalam talent agency, seperti Hololive dan Nijisanji. Untuk bergabung, ia harus mengikuti audisi yang ketat, sebelum tersaring dan memenuhi kualifikasi sebagai seorang VTuber.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang enggan bernaung dalam agency? Ada jalan lain, yakni menjadi seorang indie atau independent. Mengutip artikel Dunia Games, seseorang membutuhkan beberapa peralatan dan software untuk menciptakan sosok karakter virtual yang diinginkan. Meski harus mengeluarkan modal sendiri, menjadi VTuber jalur independent membuat seseorang menjadi lebih bebas dari aturan agency, yang terkadang memberikan peraturan yang membatasi gerak seorang VTuber.

Berawal dari para Idol
Salah satu aturan yang perlu dipatuhi seorang VTuber, selain menjaga anonimitas, adalah menyembunyikan hubungan relasi mereka. Mereka diharapkan tidak menjalin hubungan relasi yang intim dengan orang lain, jika mereka ingin karir sebagai VTuber tetap lancar.

Aturan tersebut bermula dari para idol di Jepang. Aturan tersebut menekankan bahwa seorang idol tidak boleh menjalin hubungan yang intim dengan seseorang, apalagi mengumbarnya kepada publik. Mereka wajib menjaga hubungan tersebut secara rahasia, atau jika memungkinkan, tidak menjalinnya sama sekali.

Saya Hiyama, pembawa berita cuaca Weather News, yang membuat fans kecewa ketika mengatakan bahwa dirinya telah memiliki seorang pacar, courtesy of Kempalan.com

Aturan tidak boleh menjalin hubungan intim, menurut artikel yang diterbitkan Jobs in Japan, merupakan cara seorang idol mempertahankan imaji “sempurna meski tidak sempurna” (perfectly imperfect) ke hadapan para fans. Dengan tetap tampil single, diharapkan para fans tetap loyal menyukai sang idol.

Apa yang terjadi jika seorang idol menampilkan hubungan mereka dengan lawan jenis. Kisah Saya Hiyama mungkin dapat menjadi contoh. Saya, yang merupakan seorang pembawa berita cuaca, memposting di akun Twitter miliknya bahwa dia berpacaran dengan Yoshihito Nishioka, seorang pemain tenis profesional.

Fans Saya Hiyama merespon berita tersebut dengan kekecewaan. Ungkapan kekecewaan tersebut diungkapkan melalui berbagai komentar negatif, hingga mempengaruhi harga saham Weather News yang anjlok sebesar 8.06%.

Seorang idol, termasuk dalam hal ini seorang VTuber, diharapkan menjaga informasi mengenai hubungan relasi mereka, jika mereka tak ingin membuat fans mereka kecewa. Jangan sampai, hubungan mereka yang diketahui publik, baik secara resmi maupun melalui skandal, menghancurkan karir mereka sebagai VTuber untuk selamanya.

Written By

Avatar

Lich King (Editor) at Monster Journal.
Mostly writing about social and culture.
Also managing a site and community related to history.
Used to work as a journalist. Now working as a history teacher.

(prima.cahyadi.p@mail.ugm.ac.id)

More From Author

Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
fitspresso reviews
fitspresso reviews
3 months ago

I’ve come across many blogs, but this one truly stands out in terms of quality and authenticity Keep up the amazing work!

qwweqtttt
qwweqtttt
3 months ago

I have been browsing online more than three hours today yet I never found any interesting article like yours It is pretty worth enough for me In my view if all website owners and bloggers made good content as you did the internet will be a lot more useful than ever before

pillow
pillow
2 months ago

certainly like your website but you need to take a look at the spelling on quite a few of your posts Many of them are rife with spelling problems and I find it very troublesome to inform the reality nevertheless I will definitely come back again

You May Also Like