Categories FaveFinds Feature

Lima Anime Yuri yang Cocok untuk Ditonton

Meski harus tersaingi dengan genre isekai, anime bergenre yuri masih memiliki daya tarik tersendiri untuk ditonton, terutama bagi mereka yang ingin menyaksikan hubungan romantis antara sepasang wanita. Terlebih, kesuksesan Lycoris Recoil dan Bocchi The Rock! Membuat genre yang mengisahkan hubungan pertemanan yang intim antara sepasang wanita tidak boleh diremehkan.

Meski genre ini masih dipertentangkan oleh kalangan wibu di Indonesia, genre ini masih memikat di hati para penggemarnya. Anime yuri apa saja yang menarik untuk ditonton? Berikut ini lima anime bergenre yuri yang menjadi rekomendasi Monster Journal.

  1. Yagate Kimi ni Naru
Yagate Kimi ni Naru, courtesy of Kaori Nusantara

Anime yuri dan romance ini mengisahkan Yuu Koito, gadis SMA yang tak pernah merasakan cinta selama hidupnya. Mimpinya, yakni ingin merasakan cinta seperti manga shoujo yang biasa ia baca, mengantarkannya kepada Touko Nanami, seorang gadis SMA yang juga tak pernah merasakan jatuh cinta.

Sebagai dua orang yang tak pernah merasakan cinta, adegan yuri yang disajikan anime ini sebagai pasangan yang saling mengasihi, jauh dari kesan seksual. Bagi wibu yang ingin menikmati anime yuri, tetapi enggan melihat adegan NSFW, Yagate Kimi ni Naru menjadi pilihan yang tak boleh dilewatkan

  1. YuruYuri
YuruYuri, courtesy of Kaori Nusantara

Anime slice-of-life yang menekankan komedi sebagai daya tarik ini menjadi anime yuri klasik di kalangan para wibu. Anime yang mengisahkan empat orang siswi SMP, Akari Akaza, Kyoko Toshino, Yui Funami, dan Chinatsu Yoshikawa ini, berhasil menyajikan yuri lepas dari unsur sensual. Justru, adegan yuri yang disajikan YuruYuri penuh dengan nuansa komedi yang segar dan jenaka, mengajak penonton untuk memikirkan ulang mengenai genre yuri tak harus disajikan dalam bentuk yang romantis.

 

  1. Maria Sama ga Miteru
Maria Sama ga Miteru, courtesy of Yuri Reviews

Anime yang mengisahkan hubungan pertemanan antara Fukuzawa Yumi dan Ogasawara Sachiko di Lillian Girls’ Academy ini merupakan anime yuri klasik. Adegan yuri yang ditampilkan dalam anime ini tidak sekadar hubungan romantis antara Yumi dan Sachiko. Meski terdapat dua kali adegan ciuman, hubungan yuri disajikan dengan penekanan hubungan kakak-beradik kedua karakter. Selain itu, Lillian Girls’ Academy, sebagai sebuah sekolah Kristen, memainkan peran dalam memberikan warna terhadap hubungan yang dijalani Yumi dan Sachiko, membuatnya unik dibandingkan anime sejenis.

 

  1. Strawberry Panic
Strawberry Panic, courtesy of AsianCrush

Anime yang tayang pada 2006 ini menyajikan hubungan yuri yang berbeda dibandingkan anime-anime sebelumnya. Dalam anime ini, yuri disajikan dalam hubungan kebangsawanan antara Aoi Nagisa dan Shizuma Hanazono. Kedua karakter menjalin hubungan pertemanan yang mengarah ke arah romansa. Bagi mereka yang menyukai anime bergenre romance dan yuri dengan bumbu-bumbu hubungan layaknya bangsawan, Strawberry Panic dapat menjadi pilihan.

  1. Bocchi the Rock!
Bocchi The Rock!, courtesy of Anime Corner

Meski bukan anime yuri, dan fans anime ini di Indonesia menolak sebutan demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa Bocchi the Rock populer di kalangan penggemar anime yuri. Anime yang mengisahkan perjalanan Hitori Gotou, seorang introvert yang menjalani karir sebagai gitaris sebuah grup band bernama Kessoku Band, penuh dengan adegan humor anti-mainstream yang mampu mengocok perut penontonnya. Jika memaknai yuri tidak hanya sebatas adegan romantis dua orang perempuan, penonton akan menemukan banyak adegan pertemanan yang intim antara Gotou dengan Ryou Yamada, Nijika Ijichi, dan Ikuyo Kita, rekannya sesama anggota band.

Written By

Avatar

Lich King (Editor) at Monster Journal.
Mostly writing about social and culture.
Also managing a site and community related to history.
Used to work as a journalist. Now working as a history teacher.

(prima.cahyadi.p@mail.ugm.ac.id)

More From Author

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You May Also Like