Categories Feature GameVerse

Persona 4 Golden, Game Persona yang Harus Dicoba

Shin Megami Tensei atau yang sering disingkat menjadi SMT adalah series game J-RPG (Japanese Role Playing Game) yang memiliki cukup banyak peminat, pasalnya series game yang satu ini cukup berani untuk memadukan konsep agama dan urban legend yang dipadukan dengan unsur teknologi ke dalam gamenya.

SMT sendiri sudah ada sejak tahun 1987 dan sudah mendapatkan kurang lebih 60 game dan spin-off, belum kehitung game hp dan novel. Kali ini kita akan mengulas lebih dalam ke salah satu spin-offnya yang paling terkenal, yaitu Persona. Kebanyakan dari kalian mungkin tahu Persona dari game Persona 5 Royal yang menampilkan gameplay yang flashy dan seru untuk dilihat. Persona 4 memiliki peranan penting sebagai salah satu milestone perjalanan series Persona sebagai spin-off game SMT.

Persona 4

Berlatar di desa kecil bernama Inaba, cerita bermula pada saat karakter yang kita mainkan mendapatkan mimpi bertemu dengan seorang wanita berseragam biru bernama Margaret dan lelaki berhidung panjang bernama Igor disebuah mobil limosin yang berinterior biru pada saat di kereta. Igor lalu menanyakan siapa nama protagonist dan bermain kartu tarot. Pada saat kereta berhenti kita akan disambut oleh paman dan sepupu si tokoh utama. Game ini memiliki silent protagonist atau protagonis yang tidak memilki nama atau namanya disesuaikan dengan kemauan kita sendiri. Kita juga akan disajikan pilihan-pilihan yang akan menentukan jalan cerita dan social link serta social status kita. jadi semua pilihan akan tergantung oleh kita.

Selama di Inaba, tokoh yang kita mainkan akan tinggal dan bersekolah selama setahun di sana. Selama di Inaba, si protagonist akan menghadapi banyak sekali kegiatan, seperti bersekolah, bekerja, meningkatkan status, berkomunikasi dengan teman sekolah untuk meningkatkan social link, sampai menyelesaikan misteri pembunuhan yang terjadi di Inaba. Di dalam game ini kita akan diajak untuk membaur bersama karakter-karakter yang ada.

Persona 4

Dari segi gameplay kita akan lebih banyak menghabiskan waktu mengembangkan social link ketimbang bermain di dungeon. Itu dikarenakan waktu yang sangat mepet dan banyaknya social link yang ada. Paling tidak setelah sekali menamatkan game ini, kita bisa mengakses New game plus atau fitur dimana kita bisa membeli persona kita yang sudah terdaftar di compadium dan mempertahankan social status (yang jujur susah banget naikinnya) dari gameplay sebelumnya di permainan yang baru.

Hal yang membedakan Persona 4 Golden dan Persona 4 versi PS2 yaitu karakter baru benama Marie dan dua social link baru yaitu Aeon dan Jaster serta beberapa Persona baru. Ini sebenarnya sentuhan kecil oleh Atlus untuk membuat game Persona 4 ini lebih menarik lagi terutama karena adanya social link Jaster yang dapat membuat plot twist bad ending dan juga tambahan true-ending dimana Marie akan menjadi salah satu sorotan utama di game..

Berbicara soal ending, kalian yang sudah pernah menamati game ini pasti setujuh kalau ending dari game ini benar-benar bagus. Ketimbang Persona 3 atau 5 mungkin Persona 4 adalah game yang memiliki ending yang paling bagus, karena di setiap dialognya kita disuguhkan dengan betapa dekatnya setiap karakter dengan si karakter utama yang kita mainkan, serta latar belakang kampung yang kecil, membuat game yang satu ini memiliki cerita yang padat dan ngangenin.

By: Cesare Castro

Written By

This article is a special submission from our avid readers. All submitted articles are already going through the process of editorial review. (yourofficial.monster@gmail.com)

More From Author

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You May Also Like