Categories FaveFinds Feature

Lima Gim Single-Player yang Meninggalkan Kesan Istimewa pada 2022

Tahun 2022 segera berakhir. Meski dihiasi oleh sederet gim terkenal seperti Marvel Snap, Pokémon Legends: Arceus, dan Call of Duty: Modern Warfare II (2022), gim single-player mendapatkan tempat tersendiri pada tahun ini. Secara sekilas, tahun ini merupakan tahun yang besar bagi gim single-player.

Beberapa gim yang mendominasi dan menjadi pembicaraan publik merupakan gim yang dikhususnya bagi mereka yang ingin menyelami dunia gim sendirian. Gim seperti Stray, Elden Ring, dan God of War Ragnarök menjadi penanda bahwa gim single-player belum mati, dibunuh oleh gim multi-player yang menekankan aspek kompetitif bagi gamers.

Gim single-player apa saja yang berkesan di hati para gamers pada tahun ini? Berikut ini lima gim yang memberikan corak khusus pada tahun ini.

  1. God of War Ragnarök
God of War Ragnarök, courtesy of Games Radar

Gim yang mengisahkan petualangan Kratos dan Atreus dalam dunia para dewa Nordik menjadi pembicaraan ketika dirilis pada 9 November 2022. Gim ini melesat tinggi dalam tangga penjualan pada awal perilisannya di Jepang dan Britania Raya. Bahkan, di negara yang disebut terakhir, God of War Ragnarök mengalahkan penjualan Pokemon Scarlet/Violet, Call of Duty, dan Elden Ring pada minggu pertama perilisan. Kesuksesan ini membuatnya menyabet Game of the Year dalam ajang Titanium Awards, dan enam penghargaan pada The Game Awards 2022, termasuk kategori Best Action/Adventure dan Best Narrative.

  1. Elden Ring
Elden Ring, courtesy of Eraspace

Gim yang dikembangkan FromSoftware yang mengisahkan petualangan The Tarnished menjelajahi Lands Between, sebuah benua yang dikuasai oleh beberapa demigod, bersaing ketat dengan God of War Ragnarök tahun ini. Gim yang memiliki tingkat kesulitan tinggi khas FromSoftware, menyita perhatian gamers yang telah menantikan gim ini sejak tahun lalu. Sebagai puncak kesukesan yang diraih gim ini, Elden Ring memenangkan penghargaan Game of The Year dalam ajang The Game Awards 2022.

  1. Stray
Stray, courtesy of Endgadget

Gim yang mengisahkan petualangan seekor kucing liar berwarna “oren” menjelajahi kota futuristik yang dipenuhi dengan robot dan mesin tampil dengan cara yang unik. Gamers diajak untuk menyelami kehidupan dalam kacamata seekor kucing yang mencoba kembali ke kawanannya. Sepanjang perjalanan, ia menemui berbagai kehidupan, dan mengajak pemain untuk memaknai nilai kehidupan manusia yang dibelenggu dengan tembok yang membatasi geraknya, menghalangi sinar dari langit menerangi jalan hidupnya. Seperti dua gim sebelumnya, gim ini berhasil menyabet penghargaan Best Debut Indie Game dan Best Independent Game dalam ajang The Game Awards 2022.

  1. Sifu
Sifu, courtesy of Eurogamer

Gim beat ‘em up yang dikembangkan Sloclap dan dirilis pada 8 Februari 2022 mengajak pemain merasakan perasaan dendam protagonis yang kehilangan ayahnya yang dibunuh mantan muridnya sendiri. Gim ini menampilkan kematian dengan cara yang unik. Ketika pemain mati dalam gim, ia bangkit kembali dengan kondisi lebih tua beberapa tahun. Meski begitu, pemain menjadi lebih tangguh dibandingkan sebelumnya. Gim ini menyita perhatian publik sejak diliris, dan berhasil terjual sebanyak 500.000 kopi dalam 48 jam. Gim ini menembus angka 1 juta kopi dalam tiga minggu. Popularitas gim ini tergambar jelas dengan menjadi nominasi Best Fighting Game dalam ajang The Game Awards 2022.

  1. Horizon Forbidden West
Horizon Forbidden West, courtesy of The Verge

Gim aksi bermain-peran yang dikembangkan Guerilla Games dan mengisahkan petualangan Aloy dalam dunia apokaliptik Amerika Serikat, meski tidak terdengar sekuat empat gim sebelumnya, meninggalkan kesan istimewa bagi penggemar Horizon. Swapna Krishna dalam NPR menulis bahwa gim ini melanjutkan kesuksesan Horizon Zero Dawn sembari meningkatkan berbagai aspek yang ada gim sebelumnya. Gim yang berhasil menjadi gim dengan penjualan terbesar kedua pada Februari 2022 ini menjadi pemenang Best Storytelling dalam ajang Golden Joystick Awards 2022.

Sumber : IGN (1), (2), (3); Gematsu; gameindustry.biz (1), (2); Bilbao Games Conference; Game Informer; Polygon; gaming.net; News in France; gamedeveloper.com; VG 247; Event Hubs; NPR; Games Radar.

Putu Prima Cahyadi
Facebook : Prima Cahyadi
Email : prima.cahyadi.p@mail.ugm.ac.id

Written By

Avatar

Lich King (Editor) at Monster Journal.
Mostly writing about Social and Culture.
Also managing a site and community related to history.
Used to work as a Journalist. Now working as a history teacher.

(prima.cahyadi.p@mail.ugm.ac.id)

More From Author

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Регистрация на binance
Регистрация на binance
1 month ago

Your article helped me a lot, is there any more related content? Thanks!

You May Also Like