Categories Feature GameVerse

Melanjutkan Kesuksesan Final Fantasy, Square Enix Berencana Merilis Ulang Gim Klasik

Final Fantasy I – VI Pixel Remaster membawa sebuah kesuksesan besar bagi Square enix. Final Fantasy Pixel Remaster sendiri mencakup Final Fantasy I hingga Final Fantasy VI. Dari series Final Fantasy Pixel Remaster, Square Enix berhasil menjual lebih dari 2 juta kopi penjualan di seluruh dunia.

Dalam sesi tanya jawab RUPS (rapat umum pemegang saham) ke 43 dari Square Enix, tercetus ide untuk merilis ulang gim klasik. Hal ini dianggap sebagai sebuah langkah strategis setelah melihat kesuksesan dari Final Fantasy I-VI Pixel Remaster.

Square Enix mengungkapkan sedang mempertimbangkan untuk kembali membangkitkan gim klasik setelah kesuksesan dari Final Fantasy I-VI Pixel Remaster. Meskipun mengaku sedang mempertimbangkan ide dari perusahaan, Square Enix tetap mencoba menahan diri untuk tidak membagikan secara detail mengenai informasi lainnya.

Pernyataan Square Enix yang ingin merilis ulang game klasik membuat penggemar memberikan respon positif. Nyatanya, fenomena ini juga memiliki beberapa alasan seperti rendahnya biaya produksi, nostalgia, perkembangan teknologi grafis hingga culture industry

Theodor dan Max menyebutkan bahwa konten, musik hingga game bukan lagi sebuah karya seni, melainkan produk industri yang harus terus ada dan berkembang dengan baik. Itulah yang akhirnya membuat Final Fantasy I-VI menjadi sangat sukses. 

Final Fantasy IV Pixel Remaster. Courtersy of finalfantasypixelremaster

Meskipun meraih kesuksesan, Final Fantasy masih dinilai kurang maksimal dari segi visual. Kata nostalgia sangat tepat untuk mendefinisikan FF Pixel Remaster. Diantara semua series, FF IV dan VI dinilai lebih seru dalam format 2D.

Square Enix sendiri telah memprioritaskan remake gim klasik menjadi lebih modern. Rencana mereka tidak main-main, karena akan menarik game klasik ke versi modern. Bahkan, sangat memungkinkan untuk memberikan game dalam skala VR. 

Rencana besar dalam mengangkat kembali judul lama menunjukkan ambisi Square Enix agar tetap eksis. Tidak hanya terjerat dalam game klasik yang mulai dianggap membosankan. Square Enix muncul dengan ide baru dan akan terus berkembang sesuai zaman modern. 

Square Enix juga berharap dapat berpromosi dengan tim manajemen baru dalam mengembangkan IP. 

Selain Square Enix, ada Limited Run Games yang mengungkapkan akan merilis ulang StarHawk dan Metal Maters Return. Ada juga publisher Bethesda Softworks dan id Software yang akan merilis ulang Quake II.

Langkah yang diambil oleh Square Enix ini dianggap membawa dampak yang positif bagi perusahaan dan juga industri game. Menghidupkan Gim Klasik akan menghadirkan pengalaman baru bagi para pemain, baik dari generasi lama maupun generasi baru. 

Sumber: ign.com, gamedaim, gamereactor, kompas, play-verse, Hybrid

Maulida Ika Cristiana

IG: maulidaic
Email: maulidaana69@gmail.com

Written By

The Monster Army

The Monster Army (Junior Writer Interns) at Monster Journal.
The force behind the steady growth of Monster Journal and currently undergo a training and mentoring under the Editors of Monster Journal.
Most of the writers are students in high-school, university, and even fresh graduates.

More From Author

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You May Also Like