Press "Enter" to skip to content

Review, Fast & Furious 9 (2021)

Dalam semesta jagat pahlawan super, kita sering menemukan kejadian dimana bumi sedang mendapatkan ancaman, lalu kemudian para superhero bersatu untuk melawan tokoh antagonis. Fast & Furious kini sudah semakin mantap menganut konsep seperti ini dimana pemerintah sering merasa keselamatan manusia akan terancam jika sebuah dokumen rahasia atau sebuah penemuan canggih jatuh ke tangan orang lain.

Tidak seperti film pahlawan super dimana mereka butuh senjata sakti, kostum keren, dan kekuatan super untuk melawan alien ataupun mutan. Dalam seri Fast & Furious, ketika dunia sedang terancam maka hanya ada dua hal yang dibutuhkan yakni mobil yang cepat dan musik hip-hop.

Itu adalah dua hal yang masih setia menjadi elemen penting dari seri film Fast & Furious. Diluar kedua hal tersebut, Fast & Furious terus berevolusi baik dari segi narasi, cerita, maupun tokoh.

Fast & Furious yang dulu kita lihat tentang balapan di jalan raya saat malam hari menggunakan nitro, kabur dari kejaran polisi, dan taruhan mobil kemudian berubah menjadi film bertipe large-scale heist, dan kini menjadi pseudo-spy franchise. Dom dan kawanannya kini tampak seperti agen intelijen mercenary.

Letty on F9. pic: Universal Pictures

Fast & Furious 9 atau disingkat menjadi F9 dimulai dengan kehidupan Dom (Vin Diesel) yang damai bersama Letty (Michelle Rodriguez) dan little Brian. Tak lama, mereka mendapatkan info tentang sebuah teknologi senjata yang dapat mengancam dunia.

Dom tentu awalnya tidak mau berangkat, karena dia kini sudah bahagia dengan hidup yang damai. Tapi seperti bagaimana seri sebelum-sebelumnya, Dom adalah orang yang memiliki ikatan kekeluargaan yang tinggi, lalu ia memutuskan ikut dalam sebuah misi untuk mencari kepingan senjata di sebuah pedalaman hutan sawit.

Dalam F8, sempat muncul narasi dan ketakutan tentang ‘bagaimana jika Dom berada di pihak yang jahat’. F9 menjawab hal tersebut dengan cara yang berbeda dan cukup mengagetkan melalui narasi ‘beginilah jika Dom berada di posisi lawan, namun kali ini bukan Dom melainkan adik kandung nya yang sudah lama hilang’.

F9 menjawab narasi pada F8 dengan memunculkan tokoh baru yakni Jakob Toretto (John Cena) yang tentu secara visual tidak terlihat ada mirip-miripnya dengan Dominic Toretto. Kita dibuat kaget dengan masih munculnya tokoh baru di film ke 9. Meski masih terlihat kaku, John Cena memiliki kecocokan dengan perannya sebagai Jakob.

Dom and Jakob on F9. pic: Universal Pictures

Secara tersirat, kemunculan Jakob juga bisa membuat jagat sinema Fast & Furious semakin berkembang dan juga semakin panjang. Atau lebih jauh lagi, mungkin ia bisa menjadi tandem Dom yang paling menjanjikan setelah Paul Walker, atau setidaknya ini yang sedang direncanakan. Dengan munculnya John Cena dan munculnya side story Hobbs & Shaw tentu seri ini masih akan terus berjalan cukup panjang.

Diluar kemunculan adik Dom, film ini masih memberikan beberapa kejutan lagi seperti mengajak kembali Mia (Jordana Brewster), dan memunculkan kembali Han (Sung Kang) yang tentunya menjadi penghibur bagi para penggemar Tokyo Drift, salah satu film terbaik dari seri Fast & Furious.

Paska perginya Paul Walker, seri Fast & Furious memang mengalami kemunduran dalam hal pembentukan cerita dan juga penokohan. F9 meski belum tampil sempurna, namun film ini menjadi titik balik setelah F8 dan kemudian Hobbs & Shaw yang tampil cukup mengecewakan.

Sutradara Justin Lin kembali memberikan energi dan jiwa tentang ‘keluarga’ yang senantiasa selalu menghiasi narasi hidup Dom dari sejak film pertama, namun kemudian kurang mendapatkan tempat pada F7 dan F8. Sosok Paul Walker pun masih senantiasa hidup dalam jagat semesta Fast & Furious meski tokohnya tidak lagi muncul.

Selain itu F9 juga kembali memperlihatkan adegan penutup khas Fast & Furious yang mengumpulkan seluruh pemeran protagonis di rumah kecil Dom. Sebuah adegan yang ikonik, dan secara lembut mengukuhkan sosok Dom sebagai tokoh protagonis utama dari seluruh rangkaian Fast & Furious.

 

Our Score (6.5/10)

 

Judul                    : Fast & Furious 9
Produksi              : Perfect Storm Entertainment, Universal Pictures
Sutradara            : Justin Lin
Penulis Cerita     : Daniel Cassey, Justin Lin,
Pemeran              : Vin Diesel, Michelle Rodriguez, Jordana Brewster, Tyrese Gibson, Ludacris, Nathalie Emmanuel, John Cena

 

 


Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments Box

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *