Categories Feature GameVerse

Jangan Aneh Mendengar Bahasa Indonesia di SpongeBob SquarePants: The Cosmic Shake

Dari semua tayangan Nickelodeon, SpongeBob SquarePants masih menjadi series paling legendaris. Anak 2000an pasti udah gak asing melihat spons kotak berwarna kuning berdasi merah sambil memasak Krabby Patty bertingkah aneh dan menghibur penonton di layar televisi.

Selain tampil dalam tayangan serial televisi, SpongeBob juga hadir dalam bentuk hiburan game seperti beberapa judul diantaranya Battle for Bikini Bottom dan versi Rehydrated nya yang dirilis pada tahun 2020, Creature from the Krusty Krab dan sebuah game PS2 yaitu Lights, Camera, Pants! Dengan tersedianya SpongeBob dalam format game selain tayangan serial saja tentunya membantu series bertahan relevan hingga saat ini setelah 23 tahun sejak episode pertamanya tayang.

SpongeBob SquarePants: The Cosmic Shake adalah game adaptasi dari serial SpongeBob Squarepants yang digadang-gadang keluar karena merupakan spiritual sequel dari game sebelumnya yaitu SpongeBob SquarePants: Battle for Bikini Bottom – Rehydrated. Game bergenre 3D platformer ini akan membawamu menjelajahi dunia Bikini Bottom dan menemui berbagai karakter sebagai SpongeBob.

SpongeBob SquarePants: Battle for Bikini Bottom – Rehydrated, Courtesy of Steam

Dalam game ini kita diminta untuk mencari Tangisan Putri Duyung atau Mermaid’s Tears yang konon kabarnya bisa mengabulkan doa dan keinginan seseorang. Tangisan ini telah membuka 7 pintu yang mengarah ke berbagai dimensi dan tugas kita sebagai SpongeBob dan Patrick adalah mengumpulkan tangisan-tangisan putri duyung tersebut di dalam berbagai Wishworld seperti Wild West Jellyfish Fields dan Halloween Rock Bottom.

Trailer yang terbaru menunjukkan beragamnya pilihan bahasa, termasuk bahasa Inggris tentunya, Prancis, Jerman, Spanyol, Portugis, Jepang, Polandia, Hindi dan yang membuat game satu ini sedikit unik adalah kehadirannya dubbing bahasa Indonesia. Walaupun bahasa Indonesia memang sudah tidak asing keluar dari mulut SpongeBob namun hal tersebut muncul pada serial televisi lokal dan bukan pada game. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia bisa dikatakan sebagai pasar yang penting untuk distribusi game ini.

Penggunaan bahasa Indonesia di serial SpongeBob sudah memiliki perjalanan yang cukup panjang di kancah pertelevisian Indonesia. Awalnya disiarkan di Lativi yang sekarang berganti nama menjadi tvOne hingga sekarang tayang setiap hari jam 6 pagi di GTV. Awalnya pengisi suara dilakukan oleh Ahmad Zulkifli Lubis lebih kerap dikenal dengan Iphie Lubis namun pada Februari 2022 digantikan oleh Ade Kurniawan sepeninggalannya ia dari dunia.

Iphie Lubis dengan karakter-karakter yang ia dubbing, Courtesy of BicaraBerita

Meskipun belum ada informasi terkait nama-nama yang mengisi dubbing versi Bahasa Indonesia di dalam game, namun bisa dispekulasikan bahwa orang-orang yang senantiasa menemani kita setiap pagi akan kembali lagi karena dubbing versi Bahasa Inggris bakalan dilakukan oleh para pengisi suara original seperti Tom Kenny sebagai SpongeBob, Bill Fagerbakke sebagai Patrick dan kawan kawan lainnya.

SpongeBob SquarePants: The Cosmic Shake bisa kita mainkan di berbagai platform seperti Nintendo Switch, PC, Playstation 4 dan Xbox One. Untungnya kita tidak perlu menunggu lama untuk mendengar SpongeBob bercakap dengan Bahasa Indonesia karena sekitar tahun 2023 akan dijadwalkan untuk rilis dan siap untuk dimainkan.

Rasanya aneh mendengar suara Bahasa Indonesia di dalam game dengan budget AAA tetapi ini bisa dijadikan sebagai fitur unik baik itu untuk lucu-lucuan atau mungkin mata sudah lelah bolak-balik membaca subtitle sekaligus fokus kepada permainan gamenya jadi langsung saja diubah suaranya menjadi Bahasa Indonesia. Namun, janganlah merasa aneh karena lebih aneh lagi ketika Negara Api tidak menyerang.

Source: IGN Southeast Asia

Nuruddin Ihsan Affandi
IG: san_remo555
Email: maximusspeedimus@gmail.com

Written By

A Necromancer (Senior Writer) at Monster Journal.
An avid fan of anime, manhwa, and other weeb cultures. A tech-geek to the bone.
Currently a student at IT department.
(maximusspeedimus@gmail.com)

More From Author

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
bezplatn'y úcet na binance
bezplatn'y úcet na binance
3 months ago

Thanks for sharing. I read many of your blog posts, cool, your blog is very good. https://www.binance.com/sk/register?ref=JHQQKNKN

código de indicac~ao da binance
código de indicac~ao da binance
17 days ago

Your article helped me a lot, is there any more related content? Thanks!

You May Also Like