Categories Feature Sartorial

Melihat Konsep Smart-Look Pada Agen Rahasia

Agen rahasia dan smart-look merupakan sebuah kesatuan yang cocok dan melekat, sepasang konsep yang sinergis dan sulit untuk dipisahkan. Sama cocoknya seperti motor dan helm, seperti jas dan kaca mata hitam, atau mungkin juga seperti mie instan dan telur.

Citra smart-look pada agen rahasia sudah terbentuk sejak lama. Bahkan di zaman moderen ini, citra tersebut semakin melekat. Contoh yang paling terlihat jelas dalam hal ini adalah, tokoh agen rahasia ciptaan Ian Flaming yang disebut sebagai Bond…. ya, James Bond.

Dalam novel James Bond, Ian Flaming sering kali melakukan pendekatan cita rasa ataupun selera fesyen untuk menggambarkan tokohnya terutama pada tokoh James Bond. Tak hanya tokoh James Bond, para pemeran antagonisnya pun tak kalah keren tampilannya dibanding sang agen rahasia.

Berkat kemajuan dan terkenalnya film James Bond jugalah para agen rahasia kemudian menjadi sering diidentikan dengan pakaian serba rapih bergaya formal namun tetap stylish.

Sean Connery as James Bond

Sean Connery, salah seorang pemeran James Bond dalam berbagai film James Bond seperti Goldfinger, Dr. No, From Russia With Love, dan masih banyak lagi, selalu terlihat rapih dengan gaya formal. Padahal ia sebelumnya lebih sering bermain film dalam pakaian bergaya casual sebelum akhirnya memerankan James Bond.

Ditangan Terence Young, sutradara pertama film James Bond, ia berhasil merubah Sean Connery menjadi lebih elegan dan karismatik dengan gayanya yang lebih rapih dan tampil dandy.

Young membawa Sean Connery ke seorang penjahit sekaligus desainer profesional bernama Anthony Sinclair untuk membuatkan pakaian James Bond, yang kemudian membuatnya dikenal dengan gaya bernama ‘The Conduit cut’. Sebuah penampilan dengan pakaian yang cukup ngepas dengan badan, berbahan tipis, jas dua kancing, dengan kantong yang tidak lurus.

Kingsman

Anthony Sinclair dalam sebuah wawancara dengan ABC News pada tahun 1960an pernah menjelaskan tentang pakaian buatannya untuk Bond. Ia berkata, “lihat apa yang saya buat? Sebuah jas yang dibuat dengan baik, yang kamu bisa bawa kemana-mana, bisa juga kamu gulung, kamu lipat, juga dipakai tidur, dan lihatlah, kamu tidak akan terlihat berantakan.”

Gaya berpakaian agen rahasia yang mulai berkembag sejak tahun 1960an ini, hingga kini masih menjadi template utama untuk mendandani berbagai tokoh agen rahasia dalam dunia film. Lihat saja Daniel Craig sebagai James Bond , atau film Kingsman : The Secret Service dengan tokohnya Eggsy, juga dalam film remake Guy Ritchie yang berjudul The Man From U.N.C.L.E.

Bersamaan dengan berbagai peralatan canggih, aksesoris serbaguna, dan sikap ala gentleman, setiap agen rahasia akan selalu tampil rapih dan menawan dalam menyelesaikan tugasnya. Tak lupa dengan karisma seperti seorang cassanova.

Spy Style, mungkin inilah istilah yang tepat untuk menggambarkan perpaduan antara smart-look dan juga gaya dan ciri khas pada agen rahasia. Namun, spy style lebih dari sekedar fesyen, spy style adalah sebuah misi rahasia yang harus dituntaskan.

Sumber : David Kamp/Mr.Porter

Written By

Avatar

Demon Lord (Editor-in-Chief) of Monster Journal.
Film critics, and pop-culture columnist.
A bachelor in International Relations, and Master's in Public Policy.
Working as a Consultant for Communications and Public Affairs.

(radarbahurekso@gmail.com)

More From Author

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You May Also Like